Harga Ikan Lele Saat Ini Mampu Membuat Pembudidaya Meraup Untung

Harga Ikan Lele Saat Ini Mampu Membuat Pembudidaya Meraup Untung

Budidaya ikan saat ini merupakan usaha yang sangat menggiurkan, hal tersebut pastinya dikarenakan masyarakat sangat senang mengonsumsi ikan. Selain rasanya yang nikmat, banyak terkandung zat bergizi di dalamnya. Salah satu budidaya ikan yang menguntungkan adalah budidaya ikan lele. Dengan harga ikan lele yang semakin naik, membuat para pembudidaya dapat meraup untung besar.

Jika anda ingin memulai bisnis budidaya, maka kami sangat menganjurkan anda untuk melakukan budidaya lele. Kenapa kami menyarankan budidaya ikan lele? Karena budidaya ikan lele merupakan salah satu budidaya yang sangat mudah. Karena karakter ikan lele dikenal sangat tahan banting, sehingga menyebabkan tingkal  keberhasilannya naik. Pastinya keuntungan akan anda dapatkan dengan budidaya lele.

Keuntungan Melakukan Budidaya Ikan Lele

Keuntungan yang anda dapatkan saat budidaya ikan lele sangatlah besar. Untuk itu di sini kami akan menjelaskan anda mengenai beberapa keuntungan melakukan budidaya ikan lele. Sehingga dengan begitu anda tidak ragu lagi untuk melakukan usaha ini. Berikut beberapa keuntungan melaukan budidaya ikan lele:
Harga Ikan Lele Saat Ini Mampu Membuat Pembudidaya Meraup Untung
Harga Ikan Lele Saat Ini Mampu Membuat Pembudidaya Meraup Untung

Modal yang Kecil

Harga bibit ikan lele sangatlah terjangkau sehingga anda dapat memulai dengan modal kecil. Mesikipun hanya menggunakan modal kecil, keuntungan yang akan anda dapat cukup besar. Selain harga bibit ikan lele murah, anda juga dapat membuat kolam lele hanya dengan kolam terpal. Membuat kolam terpal sangatlah terjangkau.

Budidaya yang Mudah

Selain modal yang diperlukan kecil, melakukan budidaya ikan lele terbilang sangat mudah. Seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa ikan lele mempunyai karakter yang tahan banting, sehingga anda tidak perlu takut rugi atau takut budidaya anda gagal karena banyaknya ikan yang mati. Selain itu ikan lele juga dapat hidup di area yang mempunyai kepadatan yang tinggi. Sehingga dalam satu kolam anda dapat memasukan banyak ikan lele. 

Merupakan Makanan Favorit

Ikan merupakan salah satu makanan favorit masyarakat, termasuk ikan lele. Maka jika melakukan budidaya ikan lele anda tidak perlu takut jika ikan anda tidak akan terjual. Cita rasa yang lezat serta tekstur yang padat dan lembut, membuat ikan lele menjadi menu andalan masyarakat. Selain itu kandungan protein yang cukup tinggi juga menjadi salah satu alasan kenapa ikan lele digemari oleh masyarakat.

Analisis Keuntungan dari Harga Budidaya Ikan Lele di Pasaran

Disini kami akan memberikan anda gambaran mengenai keuntungan yang akan anda peroleh saat budidaya ikan lele. Untuk contohnya di sini kami gunakan analisis menggunakan 1000 ekor ikan lele. Untuk mengetahui keuntungan, pastikan anda harus mengetahui terlebih dahulu modal yang anda perlukan.

Harga bibit ikan lele yang berukuran 3-5 cm saat ini adalah sekitar Rp 185/ekor. Sehingga modal yang anda perlukan untuk 1000 ekor adalah Rp 185.000. Selain harga bibit ikan lele, kita juga perlu menghitung pakan ikan. Per 1000 ekor lele membutuhkan kurang lebih 50kg pakan dengan harga sekitar Rp 10.000/kg. sehingga total untuk pakan ternak yang anda perlukan seharga Rp 500.000. setelah dikalkulasi antara modal benih dan pakan maka semua total modal yang anda perlukan adalah Rp 685.000.

Setelah mengitung modal anda dapat menghitung keuntungan yang anda dapat. Karena mungkin terdapat kemungkinan beberapa ikan mati, maka kita asumsikan tingkat keberhasilannya adalah 90%. Sehingga dari 1000 ekor ikan lele yang dapat dijual adalah 900 ekor. harga jual ikan lele dari peternak menggunakan satuan kilogram. Dalam satu ekor yang siap jual rata-rata mempunyai berat sebesar 0,2 kg. jadi dalam 900 ekor mempunyai berat 180kg.

Sedangkan harga ikan lele saat ini sekitar Rp 20.000/kg. Sehingga pendapatan yang anda peroleh adalah Rp 3.600.000. Maka keuntungan kotor yang akan anda peroleh berdasarkan modal dan pendapatan adalah Rp 3.100.000. Gimana sangat menguntungkan bukan? perlu anda ketahui bahwa budidaya dengan 1000 ekor termasuk dalam kategori kecil. Sehingga anda dapat mencoba lebih dari 1000 ekor dan dapatkan keuntungan yang lebih besar. Untuk informaso lebih lanjut mengenai Harga Ikan lele, bisa hubungi melalui:

Informasi Pemesanan Bibit & pendampingan Budidaya Lele
Bisa Melalui
085225769465 (SMS/Telp/WhatsApp)